Ayah selalu mencari kesalahan

Yth Bapak Mif dari IklanIndonesia.web.id….saya sampaikan rasa hormat untuk bapak yang selalu memberikan jawaban menarik di situs web ini, secara pribadi saya ingin menyampaikan masalah pribadi dengan ayah kandung sendiri. Saat ini saya masih kuliah di jenjang strata pasca sarjana pada salah satu universitas swasta.

Sebenarnya dari awal menempuh pendidikan, saya selalu mencapai prestasi yang melampaui kebanyakan orang hingga membuat saya selalu cepat lulus dan mendatangkan kebanggaan pada ibu saya sendiri. Tetapi tidak demikian dengan ayah, beliau selalu saja mencari kesalahan , sekecil apapun akan dipersoalkan, saya belum pernah menerima pujian atau hal lain yang membuat hati merasa senang.

Ayah saya selalu memandang kalau apa yang saya lakukan tidak ada artinya dan masih kurang ini dan itu. Bahkan beliau pun sering bersikap yang sama kepada ibu saya, meski sejauh ini tak ada masalah perselingkuhan dan pertengkaran hebat yang memicu pecahnya hubungan.

Saya juga pernah konsultasi dengan psikolog , meminta saran teman dan lainnya, semua mengatakan kalau saya tak perlu memikirkan hal itu , mereka meminta saya untuk mengabaikan sikap ayah yang dianggap kurang tepat, apakah itu saran yang perlu dilakukan ? Terima kasih untuk jawabannya ya.

Saudari Siska yang baik…IklanIndonesia.web.id menyampaikan respek yang tinggi untuk tiap prestasi yang sudah anda capai saat ini . Anda menjadi salah satu wanita muda yang beruntung karena telah mengenyam pendidikan hingga jenjang pasaca sarjana dan bisa selalu melaluinya dengan catatan gemilang.

Terkait dengan saran teman atau psikolog yang meminta anda untuk mengabaikan ayah sendiri maka kami tidak sepakat , sebab itu sama saja membuang satu kaki yang anda miliki di dalam hidup ini. Meski saat ini ayah anda belum bisa menghargai catatan prestasi yang berhasil anda torehkan, namun pasti ada beberapa alasan mengapa ayah anda melakukan hal itu.

Dalam pandangan kami, ayah anda pasti punya sifat sifat baik yang memungkinkan ibu anda bersedia menikah dengan beliau. Sifat baik itu dibuktikan dengan kesuksesan beliau membangun bisnis dan memberikan kebahagian keluarga dengan kecukupan materi, andai ayah anda tidak baik maka beliau tak akan mau memberikan uang yang dihasilkan sebagai biaya pendidikan dan mungkin saja telah meninggalkan ibu anda.

Tetapi ayah anda tidak demikian , ada kemungkinan beliau memerlukan asupan energi baru yang didasari dengan respek yang baru pula. Siapa tahu beliau telah terjebak dalam kesibukan usaha yang demikian tinggi, mengendalikan seluruh aktivitas bisnis yang selalu menuntut kesempurnaan, namun beliau tak punya sahabat yang bisa berani memberikan saran atau penenang terbaik ketika dibutuhkan.

Sebagai putri beliau , anda bisa mengambil peran itu, anda dapat mulai melakukan langkah baru dengan memberikan sikap positif untuk tiap ejekan atau hal hal yang tak memuaskan dari ayah anda sendiri. Sebab ejekan atau hinaan yang diungkapkan biasanya lahir dari satu tekanan yang demikian hebat dalam diri seseorang .

Siapa tahu ayah anda sedang bimbang bagaimana menyampaikan perasaan kepada anaknya sendiri hingga akhirnya menumpahkan semua rasa yang berkecamuk tanpa memperdulikan apakah nantinya si anak akan sakit atau tidak . Anda bisa memberikan sikap positif dan terus memberikan tindakan positif dengan langkah langkah kecil di bawah ini :

# Berikan pujian yang tulus untuk ayah anda. Pernah anda mengatakan secara langsung kalau anda sangat bangga menjadi putri kesayangannya? Jika belum maka beranikan diri, sebab seorang ayah ingin mendengar anaknya menyampaikan sedikit rasa penghargaan walau beliau tak pernah mengatakan langsung kepada anak anaknya.

Pastikan pujian yang anda sampaikan tulus, ini hanya salah satu contoh saja : ” Ayah … terima kasih ya sudah memberikan sebagian besar hidup ayah untuk putrimu ini, tanpa kehadiran seorang yang sehebat ayah maka saya tidak tahu apakah bisa menjadi seperti saat ini” . Setelah selesai mengatakan jangan lupa peluk ayah anda dan sampaikan pujian lain yang ingin anda katakan.

Awalnya anda akan merasa kaku , namun hal itu akan membuka ruang lain di dalam jiwa seorang ayah , tak ada ayah yang menolak pelukan putrinya sendiri , sekeras apapun dan segalak apapun watak ayah tersebut. Lakukan dan jangan menunda hingga esok hari .

# Jika ayah anda biasa pergi ke kantor dengan diantar sopir pribadi maka mintalah ijinnya kalau hari itu anda sendiri yang akan mengantar ayah ke kantor. Ketika ayah menolak maka jelaskan dengan baik bahwa anda benar benar ingin mengantar, sebab hal itu akan menjadi motivasi terpenting supaya nantinya anda bisa sehebat ayah anda.

Selama dalam perjalanan maka dengarkan nasehat ayah dan ciptakan satu suasana agar ayah anda mau berbicara lebih banyak, ketika beliau nampak diam maka segera ambil topik yang sekiranya bisa menarik perhatian ayah anda. Jangan takut, sebab itu adalah ayah anda, ayah yang selalu peduli dengan hidup anda.

Lakukan sesegera mungkin , jangan pernah menunggu dan rasakan perbedaan penting yang akan terjadi setelah anda berusaha membalas tiap ketidakpuasan dan ejekan dengan sikap sikap positif melalui tindakan nyata. Tindakan itu tidak harus menunggu datangnya ulang tahun,

lakukan segera sebab ayah yang telah bertanggung jawab ke keluarga sangat layak mendapatkan penghargaan tinggi , respek dan hormat yang tinggi pula dari anak anaknya. Mungkin itulah sebagian jawaban yang bisa kami sampaikan ,semoga bisa mendatangkan manfaat nyata dan mampu mengubah hubungan saudari siska dengan ayah jadi lebih baik dimasa berikutnya. Terima kasih